Pengujian Latihan dan Rekomendasi Latihan Terapi Rehabilitasi Jantung

Narulita Dewi, Audi Yudhasmara

Rehabilitasi jantung bertujuan untuk membalikkan keterbatasan yang dialami oleh pasien yang telah menderita konsekuensi patofisiologis dan psikologis yang merugikan dari kejadian jantung. Gangguan kardiovaskular adalah penyebab utama kematian dan morbiditas di dunia industri, terhitung hampir 50% dari semua kematian setiap tahun. Para penyintas merupakan reservoir tambahan dari morbiditas penyakit kardiovaskular. Di Amerika Serikat saja, lebih dari 14 juta orang menderita beberapa bentuk penyakit arteri koroner (CAD) atau komplikasinya, termasuk gagal jantung kongestif (CHF), angina, dan aritmia. Dari jumlah ini, sekitar 1 juta orang yang selamat dari infark miokard akut (MI), serta lebih dari 300.000 pasien yang menjalani operasi bypass koroner setiap tahun, merupakan kandidat untuk rehabilitasi jantung.

Secara tradisional, rehabilitasi jantung telah disediakan untuk pasien berisiko lebih rendah yang dapat berolahraga tanpa mendapat masalah. Namun, evolusi yang sangat cepat dalam penatalaksanaan CAD kini telah mengubah demografi pasien yang dapat menjadi kandidat untuk pelatihan rehabilitasi. Saat ini, sekitar 400.000 pasien yang menjalani angioplasti koroner setiap tahun membentuk subkelompok yang dapat memperoleh manfaat dari rehabilitasi jantung. Selain itu, sekitar 4,7 juta pasien CHF juga memenuhi syarat untuk program rehabilitasi yang sedikit dimodifikasi, begitu pula dengan jumlah pasien yang terus meningkat yang telah menjalani transplantasi jantung.

Pengujian Latihan dan Rekomendasi Latihan

Indikasi

Rehabilitasi jantung awalnya dirancang untuk pasien jantung risiko rendah. Sekarang kemanjuran dan keamanan olahraga telah didokumentasikan pada pasien yang sebelumnya dikelompokkan ke dalam kategori risiko tinggi, seperti mereka dengan gagal jantung kongestif (CHF), indikasinya telah diperluas untuk mencakup pasien tersebut. [21, 22] Latihan olahraga bermanfaat bagi orang-orang dengan kondisi jantung berikut:

• Infark miokard baru-baru ini
  • Bypass koroner
  • Operasi katup
  • Angioplasti koroner
  • Transplantasi jantung
  • Angina
  • CHF kompensasi

Resep latihan tergantung pada hasil pengujian latihan, yang sering kali mencakup pengujian latihan kardiopulmoner (CPX).

Modifikasi Latihan

Pasien dengan keterbatasan akibat penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), penyakit pembuluh darah perifer (PVD), stroke, dan kondisi ortopedi masih dapat dilatih dalam latihan melalui teknik khusus dan peralatan adaptif (misalnya, penggunaan ergometer lengan-engkol).

Kontraindikasi
Layanan rehabilitasi jantung dikontraindikasikan pada pasien dengan kondisi berikut:

• Angina sisa yang parah
  • Gagal jantung tanpa kompensasi
  • Aritmia yang tidak terkontrol
  • Iskemia berat, disfungsi ventrikel kiri, atau aritmia selama pengujian olahraga
  • Hipertensi yang tidak terkontrol
  • Hipertensi atau respon tekanan darah sistolik hipotensif saat berolahraga
READ  Terapi Farmakologi Pada Penderita Disfagia Dewasa dan Lansia

Masalah medis bersamaan yang tidak stabil (misalnya, diabetes yang tidak terkontrol atau “rapuh”, diabetes yang rentan terhadap hipoglikemia, penyakit demam yang sedang berlangsung, penolakan transplantasi aktif)

Pada pasien tersebut, setiap upaya harus dilakukan untuk memperbaiki kelainan ini melalui optimalisasi terapi medis, revaskularisasi dengan angioplasti atau operasi bypass, atau pengujian elektrofisiologi dan terapi obat atau perangkat antiaritmia berikutnya. Pasien kemudian harus menjalani tes ulang untuk resep olahraga.

Pengujian Latihan

• Dua bentuk tes olahraga dilakukan pada pasien setelah kejadian jantung akut: tes latihan submaksimal dan tes olahraga terbatas gejala. Selain itu, CPX juga dapat dilakukan, terutama pada pasien dengan kardiomiopati atau gagal jantung kongestif, untuk menentukan kapasitas latihan pasien secara objektif.

Tes latihan submaksimal

• Dalam strategi ini, pasien berolahraga cukup untuk mencapai 70% dari detak jantung maksimum yang diprediksi untuk usia mereka (yaitu, 70% dari 220 dikurangi usia dalam tahun).
  • Tes ini biasanya dilakukan sebelum keluar dan diikuti dengan tes latihan maksimal 6-8 minggu kemudian (ketika pasien bertujuan untuk mencapai 90% dari perkiraan detak jantung maksimum).

Tes olahraga terbatas gejala

• Para pasien berolahraga segera setelah serangan jantung.
  • Jadwal yang representatif mungkin mulai berolahraga dengan interval, seperti 7-21 hari setelah infark miokard akut tanpa komplikasi (MI), 3-10 hari setelah angioplasti, atau 14-28 hari setelah operasi bypass.
  • Tes latihan submaksimal tidak selalu lebih aman daripada tes terbatas gejala. Faktanya, strategi submaksimal mungkin memiliki kelemahan tertentu; hal ini dapat menyebabkan pembatasan yang tidak tepat pada aktivitas rutin pasien dan pelatihan olahraga serta penundaan yang signifikan pada pasien untuk kembali bekerja. Penggunaan senam submaksimal juga dapat menyebabkan kegagalan untuk memperoleh faktor-faktor penting dalam prognosis, seperti iskemia, disfungsi jantung, dan aritmia.

Pengujian CPX

• Latihan tambahan digunakan, menggunakan protokol Naughton yang dimodifikasi untuk treadmill atau protokol yang dimodifikasi pada ergometer sepeda.
  • Analisis napas menit ke menit bersamaan dan pengukuran konsumsi oksigen dan eliminasi karbon dioksida dilakukan untuk menentukan VO2 max, yang merupakan metode paling obyektif untuk menentukan kapasitas fungsional pada pasien dengan disfungsi jantung, penyakit katup, atau kejadian jantung akut baru-baru ini.
  • Protokol Bruce atau Naughton yang dimodifikasi biasanya digunakan selama fase pengujian, karena protokol Bruce standar telah dimodifikasi untuk menghindari peningkatan MET yang terlalu mendadak (sebesar 2-3 MET per tahap).
  • Protokol Naughton yang dimodifikasi dimulai pada beban kerja MET yang lebih rendah dan meningkat sebesar 1 MET per tahap, sehingga memungkinkan perkembangan bertahap yang lebih baik ditoleransi dalam latihan dan penilaian kapasitas tenaga yang lebih akurat.
  • Titik akhir gejala yang biasa adalah kelelahan dan sesak napas.
  • Kelainan parah yang ditemukan pada uji stres dapat menjadi kontraindikasi latihan olahraga sampai diperbaiki. Abnormalitas yang kurang parah, seperti perkembangan gejala di atas pada beban kerja yang tinggi, belum tentu merupakan kontraindikasi latihan olahraga; namun, modifikasi tertentu dan pengawasan lebih dekat mungkin diperlukan, termasuk pemantauan EKG.
  • Beberapa laporan mempertanyakan pelatihan olahraga dini setelah MI anterior akut, menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan pembentukan bekas luka yang abnormal. Meskipun demikian, bukti kuat bahwa latihan olahraga sedang tidak terkait dengan perburukan fungsi LV pada pasien setelah MI anterior akut.
READ  Klasifikasi Cedera Otak Traumatis

Inisiasi latihan

• Sesi latihan harus dimulai dengan 10 menit pemanasan, di mana senam ringan dan peregangan otot dilakukan untuk menghindari cedera otot dan untuk meningkatkan detak jantung secara bertahap. Periode pemanasan ini diikuti dengan latihan aerobik selama 40 menit (misalnya berjalan, joging, bersepeda) dan 10 menit terakhir periode pendinginan yang melibatkan peregangan otot. Periode pendinginan sangat penting. Pendinginan bertahap mencegah aritmia ventrikel, yang dapat terjadi pada pasien dengan penyakit koroner jika berhenti berolahraga secara mendadak.

Kemajuan

• Denyut jantung puncak pasien dicatat. Sasarannya, selanjutnya, ditingkatkan 5-10% dari denyut jantung puncak sampai pasien dapat berolahraga pada 85% denyut jantung puncak. Kebanyakan pasien dapat melakukannya dalam 2-3 bulan. Tes treadmill lanjutan harus dilakukan pada 4-8 minggu setelah pasien memulai program, dan hasilnya harus digunakan untuk menyempurnakan pelatihan latihan.

Pertimbangan khusus

• Pada penderita iskemia miokard, latihan senam tetap dapat dilakukan dengan aman. Denyut jantung maksimal harus dijaga 10 denyut per menit (bpm) lebih rendah dari denyut jantung saat iskemia terjadi. Surveilans lebih dekat dan pemantauan EKG direkomendasikan pada pasien yang mengikuti iskemia miokard. Pasien dengan aritmia juga membutuhkan pemantauan EKG. Pasien CHF memerlukan program latihan yang lebih dimodifikasi.
  • Juga, pada mereka dengan diabetes tipe 2 yang memiliki respon hipertensi terhadap olahraga, peningkatan massa ventrikel kiri, dan risiko kematian yang lebih tinggi, pelatihan olahraga dan pembatasan diet disarankan. Schultz dkk menentukan dalam penelitian mereka bahwa, setelah 1 tahun modifikasi gaya hidup ini, pasien secara signifikan mengurangi tekanan darah saat berolahraga; Namun, ukuran jantung mereka tetap sama