Rheumatoid Arthritis Berkaitan Dengan Alergi sebagai Proses Inflamasi Kroni

Rheumatoid Arthritis Berkaitan Dengan Alergi sebagai Proses Inflamasi Kronis

Kondisi peradangan tingkat rendah, misalnya diabetes tipe 2, telah terbukti berhubungan dengan peningkatan risiko rheumatoid arthritis (RA). Namun, hubungan antara kondisi inflamasi kronis lainnya, misalnya asma, rinitis alergi, dan dermatitis atopik telah banyak diteiliti, Ternyata penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penyakit alergi umum dan kejadian Rheumatoid Arthritis ditemukan dalam studi kohort berbasis populasi ini. Ternyata penyakit alergi dan RA mungkin memiliki jalur etiologi yang sama yang mendasari terkait dengan respons inflamasi kronis.

Database Riset Asuransi Kesehatan Nasional Taiwan digunakan untuk mengumpulkan kohort 170.570 pasien berusia 20 tahun ke atas yang didiagnosis dengan penyakit alergi, termasuk asma, rinitis alergi, atau dermatitis atopik. Sebuah kohort perbandingan 170.238 pasien dibangun dari basis data yang sama, dengan pencocokan frekuensi untuk jenis kelamin, kelompok usia 10 tahun, dan tahun pendaftaran asuransi. Analisis regresi bahaya proporsional Cox dilakukan untuk menilai hubungan antara penyakit alergi dan kejadian RA.

Dari hasil analisa statistik didapatkan hasil Asma (rasio hazard yang disesuaikan [AHR] 1,67, [interval kepercayaan 95% {CI}], 1,32-2,62) dan rinitis alergi (AHR 1,62 [95% CI, 1,33-1,98]) secara signifikan terkait dengan insiden RA. Hubungan ini tetap signifikan bahkan setelah mengeluarkan pasien yang memiliki diagnosis bersamaan dari asma dan rinitis alergi. Pasien dengan lebih dari satu penyakit alergi memiliki peningkatan risiko RA (AHR 1,98 [95% CI, 1,50-2,62]). Analisis subkelompok selanjutnya menunjukkan bahwa pasien wanita paruh baya dan lanjut usia dengan lebih dari satu penyakit alergi menunjukkan risiko tinggi mengembangkan RA.

Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penyakit alergi umum dan kejadian RA ditemukan dalam studi kohort berbasis populasi ini. Temuan ini memberikan dukungan untuk hipotesis bahwa penyakit alergi dan RA mungkin memiliki jalur etiologi yang sama yang mendasari terkait dengan respons inflamasi kronis.

Penelitian Lain

• Penelitian ilmiah pada 60 pasien migrain menyelesaikan diet eliminasi setelah periode penghentian 5 hari dari diet normal mereka. 52 (87%) dari pasien ini telah menggunakan steroid kontrasepsi oral, tembakau, dan / atau ergotamin masing-masing selama rata-rata 3 tahun, 22 tahun, dan 7,4 tahun. Makanan yang paling umum menyebabkan reaksi adalah gandum (78%), jeruk (65%), telur (45%), teh dan kopi (masing-masing 40%), coklat dan susu (37%) masing-masing), daging sapi (35%), dan jagung, gula tebu, dan ragi (masing-masing 33%). Ketika rata-rata sepuluh makanan biasa dihindari, terjadi penurunan dramatis dalam jumlah sakit kepala per bulan, 85% pasien menjadi bebas sakit kepala. 25% pasien dengan hipertensi menjadi normotensi. Bahan kimia di lingkungan rumah dapat membuat pengujian ini sulit bagi pasien rawat jalan. Mekanisme imunologis dan non-imunologis dapat berperan dalam patogenesis migrain yang disebabkan oleh intoleransi makanan.
READ  Program Rehabilitasi Fase Pemulihan Cedera Berlebihan Siku dan Lengan Atas

Referensi

• Ning-Sheng Lai 1, Tzung-Yi Tsai, Malcolm Koo, Ming-Chi Lu. Association of rheumatoid arthritis with allergic diseases: A nationwide population-based cohort study. Allergy Asthma Proc. Sep-Oct 2015;36(5):99-103. doi: 10.2500/aap.2015.36.3871.