Seleksi Pasien dan Stratifikasi Risiko Pada Terapi Rehabilitasi Jantung

Narulita Dewi, Audi Yudhasmara

Rehabilitasi jantung bertujuan untuk membalikkan keterbatasan yang dialami oleh pasien yang telah menderita konsekuensi patofisiologis dan psikologis yang merugikan dari kejadian jantung. Gangguan kardiovaskular adalah penyebab utama kematian dan morbiditas di dunia industri, terhitung hampir 50% dari semua kematian setiap tahun. Para penyintas merupakan reservoir tambahan dari morbiditas penyakit kardiovaskular. Di Amerika Serikat saja, lebih dari 14 juta orang menderita beberapa bentuk penyakit arteri koroner (CAD) atau komplikasinya, termasuk gagal jantung kongestif (CHF), angina, dan aritmia. Dari jumlah ini, sekitar 1 juta orang yang selamat dari infark miokard akut (MI), serta lebih dari 300.000 pasien yang menjalani operasi bypass koroner setiap tahun, merupakan kandidat untuk rehabilitasi jantung.

Secara tradisional, rehabilitasi jantung telah disediakan untuk pasien berisiko lebih rendah yang dapat berolahraga tanpa mendapat masalah. Namun, evolusi yang sangat cepat dalam penatalaksanaan CAD kini telah mengubah demografi pasien yang dapat menjadi kandidat untuk pelatihan rehabilitasi. Saat ini, sekitar 400.000 pasien yang menjalani angioplasti koroner setiap tahun membentuk subkelompok yang dapat memperoleh manfaat dari rehabilitasi jantung. Selain itu, sekitar 4,7 juta pasien CHF juga memenuhi syarat untuk program rehabilitasi yang sedikit dimodifikasi, begitu pula dengan jumlah pasien yang terus meningkat yang telah menjalani transplantasi jantung.

Seleksi Pasien dan Stratifikasi Risiko

Seleksi Pasien

Rehabilitasi jantung mencakup tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai melalui olahraga, pendidikan, dan konseling. Pasien umumnya termasuk dalam kategori berikut:

• Pasien berisiko rendah setelah kejadian jantung akut
  • Pasien yang telah menjalani operasi bypass koroner
  • Pasien dengan angina pektoris kronis dan stabil
  • Pasien yang telah menjalani transplantasi jantung
  • Pasien yang pernah menjalani angioplasti koroner perkutan
  • Pasien yang tidak pernah mengalami kejadian sebelumnya tetapi berisiko karena profil faktor risiko yang sangat tidak menguntungkan
  • Pasien dengan gagal jantung stabil
  • Pasien yang telah menjalani operasi jantung noncoronary

Pasien dengan penyakit jantung stabil sebelumnya yang telah mengalami penurunan kondisi serius akibat penyakit penyerta yang menyertai

Tujuan jangka pendek dari rehabilitasi jantung meliputi pemulihan kondisi fisik, psikologis, dan sosial, sedangkan tujuan jangka panjang melibatkan promosi perilaku sehat jantung yang memungkinkan individu untuk kembali ke pekerjaan yang produktif dan / atau menyenangkan dalam kejuruan dan kejuruan. kegiatan.

READ  Intervensi "Enteral Feeding" Pada Lansia Dengan Disfagia

Program rehabilitasi jantung bermanfaat bagi perempuan dan laki-laki secara setara.[17] Pasien lansia juga dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari program rehabilitasi.

Stratifikasi Risiko

• Proses stratifikasi risiko sangat berharga bagi pasien jantung; ini berfungsi sebagai dasar untuk menentukan sendiri resep pelatihan olahraga dan untuk menilai kebutuhan dan tingkat pengawasan yang diperlukan. Proses stratifikasi risiko didasarkan pada penilaian kapasitas fungsional pasien, pada status pendidikan dan psikososial pasien, apakah alternatif rehabilitasi jantung tradisional dapat digunakan, dan apakah pasien menderita iskemia miokard, disfungsi ventrikel, atau aritmia.

Kapasitas fungsional

• Istilah kapasitas fungsional mengacu pada kemampuan maksimum jantung dan paru-paru untuk mengirimkan oksigen dan kemampuan otot untuk mengeluarkannya. Kapasitas fungsional diukur dengan menentukan pengambilan oksigen maksimal (VO2 max) selama latihan tambahan.
  • Pada kebanyakan pasien, penghitungan kasar kapasitas fungsional dapat dilakukan dengan menggunakan kelipatan 1 MET (ekuivalen metabolik, serapan 3,5 mL O2 / kg / menit). Pada pasien dengan komplikasi, seperti pasien dengan disfungsi ventrikel kiri yang parah (LV) dan gagal jantung kongestif (CHF), kapasitas fungsional dapat dipastikan dengan lebih akurat dengan menggunakan tes latihan kardiopulmoner (CPX). Namun, kebanyakan fasilitas rehabilitasi jantung saat ini tidak dilengkapi untuk CPX.

Faktor-faktor berikut mempengaruhi kapasitas fungsional:

• Usia
  • Kapasitas fisik kejadian prekardiak
  • Perawatan dan istirahat di tempat tidur selama acara berlangsung
  • Volume cairan, seperti dehidrasi relatif atau kelebihan volume pada pasien CHF
  • Disfungsi LV
  • Iskemia miokard sisa
  • Kinerja otot rangka, seperti penurunan kondisi atau bersamaan dengan penyakit nonkardiak
  • Fungsi otonom, seperti neuropati diabetik
  • Status vaskular perifer
  • Status paru
  • Penyakit sistemik lainnya, terutama masalah ortopedi yang membatasi kelenturan dan pergerakan

Setiap upaya harus dilakukan untuk mengenali efek potensial dari faktor-faktor ini pada kapasitas fungsional untuk meminimalkan risiko program rekondisi individual yang sedang dirumuskan.

Iskemia miokard

• Iskemia miokard bergejala atau asimtomatik (diam) dapat membatasi kapasitas aktivitas pasien dengan menyebabkan angina terbatas, dispnea, atau kelelahan.

Disfungsi ventrikel

• Disfungsi ventrikel kiri atau kerusakan tetap dapat terjadi tanpa adanya angina. Pasien dengan disfungsi ventrikel kiri mengalami dispnea dini dan mudah lelah.
  • Tes latihan kardiopulmoner sebaiknya dilakukan untuk menentukan kapasitas fungsional secara obyektif.
  • Intoleransi latihan pada pasien dengan disfungsi LV disebabkan oleh hipoperfusi otot rangka akibat curah jantung yang tidak adekuat yang dapat diukur dengan lebih baik dengan mengukur VO2 max.
READ  Rehabilitasi Multidisiplin Fibromialgia

Aritmia

• Iritabilitas ventrikel dan aritmia ventrikel kompleks memerlukan penilaian melalui penggunaan elektrokardiogram rata-rata sinyal (EKG) atau studi elektrofisiologi.
  • Perawatan medis atau perangkat yang tepat harus dilakukan kapan pun memungkinkan sebelum memulai fase 2 program rehabilitasi jantung.
  • Pengawasan yang sangat ketat diperlukan pada pasien dengan aritmia jantung yang signifikan selama rutinitas latihan olahraga mereka. Pemantauan ritme bersamaan dengan telemetri, Holter, atau pemantauan peristiwa harus dipertimbangkan. Dalam banyak kasus aritmia yang serius, terapi tetap kontroversial dan keamanan olahraga tidak jelas; ketidakpastian seperti itu mempersulit proses pengambilan keputusan.
  • Pasien dengan aritmia ventrikel berat dan aritmia supraventrikuler yang tidak terkontrol harus dikeluarkan dari latihan olahraga kecuali evaluasi yang tepat dan terapi yang efektif telah dilakukan. Pasien dengan perangkat, seperti alat pacu jantung dan defibrillator, harus dipantau dengan cermat selama berolahraga. Alat pacu jantung yang responsif terhadap kecepatan cukup membantu bahkan bagi pasien yang sangat bergantung pada alat pacu jantung. Dalam kasus defibrilator kardioverter implan (ICD), pelatihan olahraga dapat diberikan selama aritmia yang mendasari dikendalikan dengan farmakoterapi. Denyut jantung harus dijaga jauh di bawah ambang batas di mana algoritma antitachycardia ICD dimulai.

Edukasi dan Status psikososial

• Sekitar 20-25% pasien infark miokard akut (MI) menunjukkan stres psikologis yang parah atau depresi berat; mereka juga menunjukkan morbiditas dan mortalitas yang lebih tinggi.  Gejala depresi yang signifikan secara klinis ditemukan pada 40-65% pasien setelah MI.
  • Olahraga memang memberikan beberapa manfaat, tetapi kasus yang parah mungkin memerlukan terapi khusus yang telah terbukti meningkatkan manfaat yang diperoleh dari rehabilitasi jantung selanjutnya.
  • Mempromosikan kemanjuran diri dan kendali atas aktivitas seseorang sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri.
  • Perilaku rawan koroner (CPB) dikenal sebagai faktor risiko jantung, tetapi pengaruhnya terhadap prognosis tidak jelas. Beberapa data menunjukkan bahwa modifikasi CPB dapat meningkatkan prognosis penyakit koroner.
  • Awalnya, pemantauan EKG terus menerus direkomendasikan untuk kebanyakan pasien selama pelatihan latihan rehabilitasi jantung; namun, dokter dapat memutuskan apakah akan menggunakan pemantauan EKG terus menerus atau terputus-putus. Setelah periode awal, penggunaan elektrokardiografi tergantung pada penilaian klinis dari dokter yang mengawasi.
READ  Terapi Rehabilitasi Neuropati Monomelik Iskemik