Edukasi Psikososial Pada Terapi Rehabilitasi Jantung

Rehabilitasi jantung bertujuan untuk membalikkan keterbatasan yang dialami oleh pasien yang telah menderita konsekuensi patofisiologis dan psikologis yang merugikan dari kejadian jantung. Gangguan kardiovaskular adalah penyebab utama kematian dan morbiditas di dunia industri, terhitung hampir 50% dari semua kematian setiap tahun. Para penyintas merupakan reservoir tambahan dari morbiditas penyakit kardiovaskular. Di Amerika Serikat saja, lebih dari 14 juta orang menderita beberapa bentuk penyakit arteri koroner (CAD) atau komplikasinya, termasuk gagal jantung kongestif (CHF), angina, dan aritmia. Dari jumlah ini, sekitar 1 juta orang yang selamat dari infark miokard akut (MI), serta lebih dari 300.000 pasien yang menjalani operasi bypass koroner setiap tahun, merupakan kandidat untuk rehabilitasi jantung.

Secara tradisional, rehabilitasi jantung telah disediakan untuk pasien berisiko lebih rendah yang dapat berolahraga tanpa mendapat masalah. Namun, evolusi yang sangat cepat dalam penatalaksanaan CAD kini telah mengubah demografi pasien yang dapat menjadi kandidat untuk pelatihan rehabilitasi. Saat ini, sekitar 400.000 pasien yang menjalani angioplasti koroner setiap tahun membentuk subkelompok yang dapat memperoleh manfaat dari rehabilitasi jantung. Selain itu, sekitar 4,7 juta pasien CHF juga memenuhi syarat untuk program rehabilitasi yang sedikit dimodifikasi, begitu pula dengan jumlah pasien yang terus meningkat yang telah menjalani transplantasi jantung.

Edukasi psikososial

• Sekitar 20-25% pasien infark miokard akut (MI) menunjukkan stres psikologis yang parah atau depresi berat; mereka juga menunjukkan morbiditas dan mortalitas yang lebih tinggi.  Gejala depresi yang signifikan secara klinis ditemukan pada 40-65% pasien setelah MI.
  • Olahraga memang memberikan beberapa manfaat, tetapi kasus yang parah mungkin memerlukan terapi khusus yang telah terbukti meningkatkan manfaat yang diperoleh dari rehabilitasi jantung selanjutnya.
  • Mempromosikan kemanjuran diri dan kendali atas aktivitas seseorang sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri.
  • Perilaku rawan koroner (CPB) dikenal sebagai faktor risiko jantung, tetapi pengaruhnya terhadap prognosis tidak jelas. Beberapa data menunjukkan bahwa modifikasi CPB dapat meningkatkan prognosis penyakit koroner.
  • Awalnya, pemantauan EKG terus menerus direkomendasikan untuk kebanyakan pasien selama pelatihan latihan rehabilitasi jantung; namun, dokter dapat memutuskan apakah akan menggunakan pemantauan EKG terus menerus atau terputus-putus. Setelah periode awal, penggunaan elektrokardiografi tergantung pada penilaian klinis dari dokter yang mengawasi.
READ  Intervensi "Enteral Feeding" Pada Lansia Dengan Disfagia