Penelitian Klinis dan Serologis Buktikan Alergi Makanan Berkaitan dengan Artritis

Beberapa penelitian berusaha mengkonfirmasi tentang pasien dengan rheumatoid-like arthritis (RA) dengan sensitivitas susu klinis dan imunologis, untuk menilai prevalensi gejala rematik terkait makanan, dan untuk mengidentifikasi fitur klinis dan serologis dari pasien ini.

Telah diteliti tiga puluh persen pasien dengan RA diduga artritis terkait alergi makanan. Enam belas pasien sekarang telah menyelesaikan 19 studi tantangan makanan terkontrol buta ganda: 3 menunjukkan gejala rematik subjektif dan obyektif setelah buta ganda, tantangan makanan yang dikemas. Ketiganya hampir asimtomatik saat menerima nutrisi unsur atau tidak mengonsumsi makanan yang mengganggu. Salah satunya adalah pasien kami yang sensitif terhadap susu yang mengalami peningkatan IgG4 anti-alpha-lactalbumin, IgG-milk complex, dan menunda reaktivitas kulit dan seluler terhadap susu; satu mengembangkan sinovitis inflamasi setelah konsumsi udang dan telah meningkatkan antishrimp IgG; dan satu lagi adalah perawat unit perawatan jantung (CCU) yang mengalami gejala rematik setelah terpapar nitrat. Semuanya seronegatif dengan gejala palindromik dan penyakit nonerosif. Antifood IgG, G4, A, M, dan E, kompleks imun Ig-food, dan reaktivitas sel in vitro terhadap makanan tidak abnormal pada pasien ini atau pasien lain dengan penyakit rematik.

Sebagian besar pasien yang menduga gejala rematik akibat makanan tidak menunjukkan gejala ini pada blinded challenge, tetapi beberapa menunjukkan gejala tersebut. Mungkin tidak lebih dari 5% pasien penyakit rematik memiliki sensitivitas imunologis terhadap makanan. Pasien tersebut telah diidentifikasi hanya dengan studi tantangan terkontrol. Pengamatan ini menunjukkan peran alergi makanan pada setidaknya beberapa pasien dengan penyakit rematik.

Artritis Alergi makanan

Arthritis adalah salah satu kondisi yang paling menganggu di seluruh belahan dunia. Arthritis adalah penyebab nomor utama ketidakhadiran dalam pekerjaan seseorang dalam pekerjaan sehari hari. Perawatan terbatas dan hampir seluruhnya terkonsentrasi pada obat anti-inflamasi, bukan pada menghilangkan penyebab asli peradangan. Kata ‘arthritis’ berarti ‘peradangan sendi’. Pada dasarnya ada dua bentuk radang sendi, osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Penelitian banyak menunjukkan bahwa Alergi makanan banyak terungkap berkaitan dengan artritis tetapi masih menjadi kontroversi dan sering diabaikan bahkan sebagian klinisi tidak mempercayainya

Alergi makanan adalah respons kekebalan yang merugikan terhadap jenis makanan tertentu. Alergi makanan berbeda dari respons merugikan lainnya terhadap makanan, seperti intoleransi makanan, reaksi farmakologis, dan reaksi yang dimediasi oleh toksin. Protein dalam makanan adalah komponen alergi yang paling umum. Alergi jenis ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru mengidentifikasi protein sebagai berbahaya.

READ  Terapi Fisik dan Rehabilitasi Ruptur Tendon Achilles

Osteoartritis melibatkan peradangan yang disebabkan oleh degenerasi sendi seseorang dan akibat keausan kronis – sesuatu yang dipahami dengan sangat baik oleh banyak perawat. Artritis reumatoid adalah istilah yang lebih umum yang digunakan untuk menggambarkan nyeri, peradangan, dan pembengkakan pada persendian seseorang. Artritis reumatoid biasanya dialami di tangan seseorang, meskipun dapat memengaruhi hampir semua sendi di tubuh. Pada anak-anak, rheumatoid arthritis disebut dengan ‘juvenile arthritis.’

Jika Anda mengira persendian Anda terasa sakit setelah makan, hanya untuk meragukan diri sendiri setelah menemukan tidak ada bukti yang menghubungkan alergi makanan dan rheumatoid arthritis Anda tidak sendirian. Hingga saat ini belum banyak bukti makanan tertentu yang menyebabkan radang sendi. Bukti menunjukkan bahwa mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan diet rheumatoid arthritis.

Mayoritas penelitian berfokus pada, ‘antibodi’, atau protein yang menyerang dan menghancurkan zat asing dalam darah seseorang, namun fokusnya mungkin salah. Antibodi terkait makanan mungkin muncul di usus seseorang daripada di darah mereka jika orang tersebut menderita rheumatoid arthritis. Para peneliti di Norwegia pada tahun 2006 melakukan studi terkait hal ini dan menemukan beberapa hasil yang menarik. Para peneliti menemukan bahwa setidaknya dalam tabung reaksi – cairan usus orang yang mengalami rheumatoid arthritis telah meningkatkan kadar antibodi terhadap protein dari Babi, Sereal, Ikan kod, Susu sapi dan Telur ayam

Alergi Makanan dan Peradangan

Saluran cerna khususnya usus adalah tempat pertama terpapar makanan dan yang pertama mengenali kemungkinan alergen. Alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan seseorang secara keliru mengira sesuatu yang dimakan seseorang itu berbahaya. Untuk melindungi orang tersebut, sistem kekebalan mereka memproduksi, ‘imunoglobulin E,’ juga disebut sebagai, ‘antibodi IgE,’ terhadap makanan tertentu yang dimaksud. Antibodi tersebut kemudian memicu reaksi berantai yang menyebabkan orang tersebut mengalami gejala.

READ  Edukasi Psikososial Pada Terapi Rehabilitasi Jantung

Pada beberapa orang, antibodi dan protein mengikat bersama dan membentuk kompleks imun di usus mereka. Kompleks kekebalan bersirkulasi dan masuk ke setiap bagian tubuh seseorang untuk memasukkan persendian mereka, di mana mereka mungkin berkontribusi pada peradangan Setelah antibodi dibuat untuk melawan makanan tertentu, tubuh seseorang langsung mengenali makanan tersebut saat orang memakannya lagi dan siklusnya dimulai dari awal lagi. Apa yang harus dilakukan seseorang jika mereka yakin makanan tertentu menyebabkan peradangan dan memperburuk rheumatoid arthritis

Referensi

• R S Panush. Food induced (“allergic”) arthritis: clinical and serologic studies. J Rheumatol. 1990 Mar;17(3):291-4.