Program Rehabilitasi Fase Akut Elbow (Siku) and Forearm (Lengan Bawah) Overuse Injuries (Cedera berlebihan)

Cedera berlebihan pada siku dan lengan bawah sangat umum terjadi pada atlet. Olahraga apa pun yang mengharuskan atlet melakukan ekstensi fleksi siku berulang atau gerakan pergelangan tangan dapat menyebabkan sindrom ini. Cara sederhana untuk mendekati sindrom ini adalah dengan membaginya menjadi patologi yang berbeda. Atlet dapat mengalami tendinopati trisep atau tendon bisep.

Meskipun epikondilitis lateral dan epikondilitis medial sama-sama merupakan cedera akibat penggunaan yang berlebihan, keduanya dibahas secara individual dalam artikel lain dalam jurnal ini. Sindrom Pronator tercakup sebagai entitas yang berbeda dari jeratan saraf median. Cedera saraf radial juga ada di artikel lain.

Cedera berlebihan pada lengan bawah dan siku sangat umum terjadi pada olahraga lempar dan raket.  Setiap aktivitas yang memerlukan ekstensi fleksi berulang-ulang dari siku atau pronasi-supinasi pergelangan tangan dapat menyebabkan cedera penggunaan berlebihan. Dengan meningkatnya jumlah atlet rekreasi, kejadian cedera ini meningkat.  Dokter harus mendapatkan riwayat yang sangat komprehensif saat menangani cedera ini karena temuan yang tidak kentara sering kali dapat menentukan diagnosis yang tepat.  Memperoleh riwayat kejuruan juga sangat penting karena banyak pekerja terampil atau pekerja lini perakitan melakukan gerakan menyinggung yang sama di tempat kerja.

Untuk sumber pendidikan pasien yang sangat baik, kunjungi Pusat Pertolongan Pertama dan Cedera eMedicineHealth. Juga, lihat artikel pendidikan pasien eMedicineHealth Cedera Gerakan Berulang, Keseleo dan Ketegangan, dan Siku Tenis.

Program Rehabilitasi Fase Akut

Terapi fisik

Secara umum, cedera akibat penggunaan berlebihan dirawat dengan menggunakan perlindungan, istirahat, es, kompresi, elevasi, pengobatan, dan modalitas (PRICEMM). PRICEMM adalah rejimen pengobatan yang diterima untuk sindrom siku dan lengan bawah yang terlalu sering digunakan, baik kondisi ini berupa jeratan saraf, tendinosis, atau sindrom ketidakstabilan.

READ  Terapi Rehabilitasi Geriatri Pada Gangguan Penglihatan

Perlindungan berarti atlet perlu memodifikasi aktivitas dan peralatannya untuk memungkinkan penyembuhan yang tepat dan untuk mencegah cedera lebih lanjut. Istirahat tidak berarti penghentian aktivitas, yang dapat menyebabkan penurunan kondisi, melainkan aktivitas yang dimodifikasi, atau istirahat relatif, yang tidak memperburuk cedera. Es digunakan untuk meredakan nyeri pasien dan membantu mengontrol pembengkakan. Kompresi digunakan untuk mencegah pembengkakan, tetapi ini harus digunakan dengan hati-hati saat menangani sindrom jeratan saraf. Elevasi digunakan untuk mencegah stasis vena di sekitar cedera, yang dapat menyebabkan peningkatan inflamasi dan nyeri. Pengobatan yang dapat digunakan termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan, sangat jarang, kortikosteroid. Modalitas dapat mencakup USG, stimulasi listrik, dan pijat gesekan. Teknik pelepasan myofascial seringkali sangat membantu dalam mengurangi pembatasan gerak jaringan lunak.

TERAPI OKUPASI

• Terapi okupasi tepat jika cedera diperburuk oleh aktivitas kejuruan pasien. Sering kali, evaluasi ergonomis di tempat kerja diperlukan untuk membantu mengatasi sindrom penggunaan berlebihan.

Masalah / Komplikasi Medis

• Cryotherapy dapat menyebabkan gejala neuropati ulnaris ketika terapi ini digunakan pada siku medial karena dekatnya jarak saraf ulnaris ke permukaan pada terowongan kubital. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kehati-hatian harus digunakan saat menerapkan kompresi pada area jebakan saraf (lihat Terapi fisik di bagian Perawatan, Fase Akut, Rehabilitasi).

Intervensi Bedah

• Dalam kasus sindrom pelampiasan olecranon, pembedahan sering kali diperlukan di awal perjalanan pengobatan untuk mengangkat tubuh yang lepas dari sendi. Pembedahan juga diindikasikan lebih awal pada kasus ketidakstabilan rotasi posterolateral. Seringkali, ligamen kolateral harus diperbaiki sebelum rehabilitasi dapat dimulai. Artroskopi atau artrotomi terbuka sering diperlukan untuk mengangkat tubuh yang kendur dan jaringan parut pada kasus kondromalasia radiocapitellar.
READ  Terapi Rehabilitasi Geriatri Dengan Osteoporosis

Konsultasi

• Konsultasi dengan ahli bedah ortopedi, lebih disukai spesialis ekstremitas atas, diindikasikan untuk prosedur di atas.