Tanda dan Gejala Miopati

Miopati adalah penyakit otot yang tidak terkait dengan gangguan persarafan atau sambungan neuromuskuler. Kondisi ini memiliki etiologi yang sangat bervariasi, termasuk bawaan atau warisan, idiopatik, infeksius, metabolik, inflamasi, endokrin, dan akibat obat atau toksik.

RIWAYAT
Informasi penting untuk diperoleh selama riwayat pasien meliputi:

• Riwayat keluarga: Adakah kelumpuhan periodik atau distrofi otot?
  • Riwayat pribadi: Adanya penyakit autoimun, endokrinopati, insufisiensi ginjal, dan / atau alkoholisme? Episode sebelumnya dari kelemahan parah (mis., Pasca latihan, setelah terpapar dingin [mungkin salah satu kelumpuhan periodik]; pasca makan tinggi karbohidrat [kelumpuhan periodik hipokalemia familial])
  • Pengobatan (misalnya, steroid, agen penurun lipid, agen retroviral, alkohol, colchicine, pentachlorophenol [PCP], heroin)
  • Riwayat pekerjaan dan perjalanan (potensi konsumsi barium klorida atau karbonat [paralisis hipokalemia akut])

Tanda dan gejala

Gejala umum miopati adalah kelemahan otot, gangguan fungsi dalam aktivitas sehari-hari, dan, jarang, nyeri otot dan nyeri tekan. Nyeri otot yang signifikan dan nyeri tekan tanpa kelemahan harus segera mempertimbangkan penyebab lain.

Tanda dan gejala umum miopati meliputi:

• Kelemahan otot proksimal simetris
  • Malaise, kelelahan
  • Urine berwarna gelap (menunjukkan mioglobinuria) dan / atau demam
  • Tidak adanya keluhan sensorik atau parestesia; namun, refleks tendon dalam (DTR) dapat berkurang / tidak ada pada paralisis hipokalemia
  • Temuan yang sangat terlambat: Atrofi dan hiporefleksia (kehadiran dini biasanya melibatkan neuropati)
  • Tingkat kesadaran normal
  • Papula Gottron di dermatomiositis: Area bersisik berwarna merah muda hingga ungu di atas buku jari, siku, dan lutut

Ketajaman onset gejala dapat membantu dalam diagnosis, sebagai berikut:

• Kelemahan yang berkembang selama beberapa jam: Kemungkinan penyebab toksik atau salah satu episodik lumpuh
  • Kelemahan yang berkembang selama beberapa hari: Mungkin dermatomiositis akut atau rhabdomyolysis
  • Perkembangan gejala selama beberapa minggu: Mungkin polimiositis, miopati steroid, atau miopati akibat penyebab endokrin (misalnya, hipertiroidisme, hipotiroidisme)