Tanda dan Gejala poliomielitis akut

Poliomielitis akut adalah penyakit pada neuron motorik tanduk anterior sumsum tulang belakang dan batang otak yang disebabkan oleh virus polio. Kelemahan asimetris yang lembek dan atrofi otot adalah ciri khas dari manifestasi klinisnya, karena hilangnya neuron motorik dan denervasi otot rangka yang terkait. Karena keberhasilan vaksin virus polio, poliomyelitis, yang pernah menjadi salah satu penyakit menular manusia yang paling ditakuti, sekarang hampir seluruhnya dapat dicegah dengan imunisasi yang tepat

Poliomielitis paralitik dicirikan sebagai berikut:

• Nyeri otot yang parah dan kejang, diikuti oleh kelemahan, berkembang; kelemahan otot cenderung menjadi maksimal dalam waktu 48 jam tetapi dapat berkembang lebih dari seminggu; tidak ada perkembangan kelemahan yang harus dicatat setelah suhu turun ke normal selama 48 jam; kelemahan asimetris, dengan tungkai bawah terkena lebih dari tungkai atas
  • Tonus otot lembek, dan refleks awalnya cepat tetapi kemudian menjadi tidak ada; sementara atau terkadang persisten, fasikulasi kasar juga sering ditemukan pada pasien dengan poliomielitis paralitik.
  • Pasien juga mengeluhkan parestesia pada anggota tubuh yang terkena tanpa kehilangan sensasi yang nyata
  • Kelumpuhan berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum pemulihan yang lambat terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun;
  • Faktor mana yang mendukung perkembangan penyakit paralitik masih belum jelas, tetapi beberapa bukti yang ada bahwa aktivitas fisik dan suntikan intramuskular selama prodrome mungkin menjadi faktor eksaserbasi yang penting.

READ  Terapi Okupasi Terikini Cerberal Palsy Pada Anak