Terapi Rehabilitasi Terkini Poliomielitis Paralitik

Poliomielitis akut adalah penyakit pada neuron motorik tanduk anterior sumsum tulang belakang dan batang otak yang disebabkan oleh virus polio. Kelemahan asimetris yang lembek dan atrofi otot adalah ciri khas dari manifestasi klinisnya, karena hilangnya neuron motorik dan denervasi otot rangka yang terkait. Karena keberhasilan vaksin virus polio, poliomyelitis, yang pernah menjadi salah satu penyakit menular manusia yang paling ditakuti, sekarang hampir seluruhnya dapat dicegah dengan imunisasi yang tepat

Tanda dan Gejala Poliomielitis Paralitik

• Nyeri otot yang parah dan kejang, diikuti oleh kelemahan, berkembang; kelemahan otot cenderung menjadi maksimal dalam waktu 48 jam tetapi dapat berkembang lebih dari seminggu; tidak ada perkembangan kelemahan yang harus dicatat setelah suhu turun ke normal selama 48 jam; kelemahan asimetris, dengan tungkai bawah terkena lebih dari tungkai atas
  • Tonus otot lembek, dan refleks awalnya cepat tetapi kemudian menjadi tidak ada; sementara atau terkadang persisten, fasikulasi kasar juga sering ditemukan pada pasien dengan poliomielitis paralitik.
  • Pasien juga mengeluhkan parestesia pada anggota tubuh yang terkena tanpa kehilangan sensasi yang nyata
  • Kelumpuhan berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum pemulihan yang lambat terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun;
  • Faktor mana yang mendukung perkembangan penyakit paralitik masih belum jelas, tetapi beberapa bukti yang ada bahwa aktivitas fisik dan suntikan intramuskular selama prodrome mungkin menjadi faktor eksaserbasi yang penting.

Program Rehabilitasi

• Terapi fisik Terapi fisik berperan penting dalam rehabilitasi pasien poliomielitis. Pasien dengan kelumpuhan otot mendapat manfaat dari seringnya gerakan pasif (PROM) dan belat sendi untuk mencegah kontraktur dan ankilosis sendi. Terapi fisik dada (CPT) membantu pasien dengan keterlibatan bulbar mencegah komplikasi paru, seperti atelektasis. Reposisi yang sering pada pasien lumpuh membantu mencegah luka baring (lihat gambar di bawah).
  • Perawatan ortotik untuk kelainan bentuk di sekitar lutut Pengobatan ortotik untuk kelainan bentuk di sekitar lutut pada poliomielitis.
  • Terapi Okupasi  Pasien dengan kelumpuhan pada ekstremitas dapat mengambil manfaat dari belat tangan atau lengan, gulungan lutut atau trokanter, footboard, atau sepatu bot Multi-Podus untuk mencegah kaki jatuh, borok, dan kelainan bentuk lainnya. Kompres panas juga bermanfaat untuk meredakan nyeri otot.
  • Terapi berbicara Pasien dengan keterlibatan saraf kranial dapat mengalami disfungsi menelan. Untuk melindungi jalan napas dan mencegah pneumonia aspirasi, terapis wicara perlu dilibatkan sejak dini untuk melakukan evaluasi keamanan menelan. Keputusan tentang konsistensi makanan oral yang tepat dan penggunaan berbagai strategi / teknik sangat mengurangi risiko aspirasi. Tindak lanjut status pasien secara berkala dapat dilakukan dengan pengujian menelan video serial.
  • Terapi Rekreasi Pasien dapat menghadiri kegiatan waktu luang untuk mengurangi stres dan belajar bagaimana terlibat dalam kegiatan kelompok.
READ  Waspadai Penyebab dan Faktor Resiko Cerebral Palsy Pada Anak