August 10, 2022

REHABILITASI MEDIS

INFO KEDOKTERAN REHABILITASI MEDIS DAN TERAPI FISIK

KONSULTASI REHABILITASI MEDIS: Bagaimana  membuat keputusan terbaik mengenai operasi untuk nyeri punggung bawah?

3 min read

Bagaimana membuat keputusan terbaik mengenai operasi untuk nyeri punggung bawah?

DR NARULITA DEWI SpKFR Menjawab

• Tujuan kami adalah membantu pasien membuat keputusan yang sepenuhnya diinformasikan dan sesuai dengan preferensi mereka. Yang kami maksudkan dengan “sepenuhnya informasi” adalah pasien memahami risiko dan manfaat dari pilihan yang mereka hadapi. Dengan “sesuai dengan preferensi”, kami bermaksud bahwa keputusan pasien konsisten dengan nilai-nilai mereka. Misalnya, pasien yang lebih enggan mengambil risiko akan cenderung memilih perawatan yang kurang berisiko. Mereka yang sangat menekankan fungsi pada tingkat tinggi mungkin bersedia untuk mempertimbangkan pengobatan berisiko yang dapat meningkatkan fungsi.
  • Alat pengambilan keputusan telah dikembangkan untuk membuat proses ini lebih mudah. Dalam satu uji coba terkontrol secara acak, pasien yang mempertimbangkan operasi diskus yang menerima intervensi bantuan keputusan cenderung memilih operasi dibandingkan mereka yang menerima intervensi kontrol. Sebaliknya, di antara pasien yang mempertimbangkan operasi untuk stenosis tulang belakang, mereka yang menerima bantuan keputusan agak lebih mungkin untuk memilih operasi.31 Temuan ini menunjukkan bahwa informasi, keputusan preferensi-konsonan mungkin berbeda secara substantif dari keputusan klinis biasa.

Referensi

•  Turner JA. Ersek M, Herron L, Deyo R. Surgery for lumbar spinal stenosis. Attempted meta-analysis of the literature. Spine. 1992;17:1-8.
  • Deyo RA, Cherkin DC, Weinstein J, et al. Involving patients in clinical decisions: impact of an interactive video program on use of back surgery. Med Care. 2000;38:959-969.