August 12, 2022

REHABILITASI MEDIS

INFO KEDOKTERAN REHABILITASI MEDIS DAN TERAPI FISIK

KONSULTASI REHABILITASI MEDIS: Keluhan Nyeri Punggung, Apa Saja Kemungkinan Penyebab?

4 min read

Keluhan Nyeri Punggung, Apa Saja Kemungkinan Penyebab?

DR NARULITA DEWI SpKFR Physiatrist menjawab

• 3 Penyebab paling umum dari nyeri punggung bawah adalah mekanis karena penyebab degeneratif nonspesifik (85%). Diagnosis deskriptif yang luas ini mencakup entitas seperti keseleo/regangan lumbal, sindrom faset lumbal, nyeri diskogenik lumbal, dan disfungsi sendi sakroiliaka.
  • Diskus herniasi yang menyebabkan radikulopati lumbal hanya terjadi pada 3% sampai 5% dari populasi. Hal ini dapat muncul sebagai radikulopati atau iritasi akar saraf yang menghasilkan rasa tidak nyaman yang menjalar ke bawah ekstremitas bawah. Dalam kasus yang sangat jarang, herniasi diskus yang sangat besar, infeksi, atau tumor dapat menyerang kanal tulang belakang yang mengakibatkan sindrom cauda equina, yang muncul sebagai inkontinensia usus, retensi urin, anestesi sadel, dan kelemahan kaki. Ini adalah keadaan darurat bedah dan membutuhkan rujukan segera ke ahli bedah tulang belakang. Stenosis tulang belakang adalah penyebab lain dari nyeri punggung bawah mekanis dan biasanya merupakan akibat dari faset hipertrofi tulang, penebalan ligamen flavum, penonjolan diskus, dan spondylolisthesis
  • Perbedaan lengkap nyeri punggung bawah sangat luas tetapi harus dipertimbangkan untuk menghindari gangguan berbahaya yang hilang. Penyebab non-mekanik meliputi gangguan visceral dan penyakit organ panggul (termasuk prostatitis, penyakit ginjal, aneurisma aorta, penyakit pankreas, penyakit kandung empedu, endometriosis, dan lainnya), neoplasma dan tumor, limfoma dan leukemia, multiple myeloma, proses infeksi (septik). cakram, abses epidural, abses paraspinous, osteomielitis, herpes zoster), dan gangguan reumatologi (penyakit radang usus, ankylosing spondylitis, psoriatic spondylitis, HLA-B27 inflammatory arthritis). Gangguan pinggul juga terkenal karena merujuk rasa sakit ke punggung bawah. Seseorang juga harus waspada terhadap gangguan vaskular seperti penyakit aortoiliaka yang dapat menyebabkan klaudikasio vaskular yang mungkin disalahartikan dengan pseudoklaudikasio yang terkait dengan stenosis lumbal. Seseorang juga harus mempertimbangkan plexopathy diabetik, cedera otot gluteal, dan bursitis trokanterika dalam diagnosis banding
  • Tanda-tanda pemeriksaan fisik sering dapat menunjukkan iritasi akar saraf tulang belakang dari herniasi diskus dengan penarikan yang dihasilkan terhadap diskus dan dura. Untuk nukleus pulposus herniasi lumbal, tes kenaikan kaki lurus berguna untuk mengkonfirmasi radikulopati lumbal yang melibatkan akar saraf tulang belakang L5 atau S1. Tes ini sering dilakukan dengan pasien terlentang. Pemeriksa secara pasif mengangkat kaki yang terkena, mencari reproduksi gejala distal lutut antara ketinggian 30 dan 70 derajat.
  • Tes angkat kaki lurus menyilang juga dapat dilakukan. Pemeriksa mengangkat kaki yang tidak terpengaruh ke ketinggian antara 10 dan 60 derajat. Jika gejala pada kaki yang terkena dipicu oleh elevasi kaki yang tidak terkena, itu dianggap positif. Tes kaki lurus positif sensitif (91%) tetapi tidak spesifik (26% spesifik), sedangkan tes kaki lurus menyilang kurang sensitif (29%) tetapi sangat spesifik (86% hingga 90%.)
  • Kita juga harus fokus pada pengujian neurologis akar saraf L4, L5, dan S1, mengingat bahwa sebagian besar herniasi lumbar melibatkan akar saraf ini. Akar saraf L5 dapat diuji dengan kekuatan pergelangan kaki dan dorsofleksi jempol kaki dan dermatom sensorik jempol kaki. Akar saraf S1 dapat diuji dengan mengangkat satu kaki, sensasi kaki lateral, dan refleks pergelangan kaki. Selain itu, akar saraf L4 dapat dievaluasi dengan kekuatan lutut dan refleks patela. Tes regangan femoralis dilakukan untuk menyaring radikulopati lumbal atas (L2, L3, L4) dan dilakukan dengan pasien tengkurap; lutut anggota tubuh yang terkena ditekuk, dan reproduksi nyeri paha yang sudah dikenal dianggap positif.
  • Stenosis lumbal biasanya menyerang pasien di atas 60 tahun dan ditandai dengan rasa tidak nyaman di bokong, paha, atau kaki saat berdiri atau berjalan. Gejala sering membaik ketika pasien bersandar pada kereta atau berjalan menanjak atau dengan kecepatan yang lebih cepat. Gejala sering memburuk ketika pasien berjalan menuruni bukit, berjalan perlahan, atau berdiri untuk waktu yang lama. Pasien biasanya memiliki beberapa kehilangan sensorik getaran ekstremitas bawah, kenaikan kaki lurus negatif, dan biasanya kekuatan simetris.
See also  Komponen Komprehensif Rehabilitasi Paru

REFERENSI

• Deyo RA. Early diagnostic evaluation of low back pain. J Gen Intern Med. 1986;1:328-338.
  • Tarulli AW, Raynor EM. Lumbosacral radiculopathy. Neurol Clin. 2007;25(2):387-405.
  • Chou R, Qaseem A, Snow V, et al; Clinical Efficacy Assessment Subcommittee of the American College of Physicians; American College of Physicians; American Pain Society Low Back Pain Guidelines Panel. Diagnosis and treatment of low back pain: a joint clinical practice guideline from the American College of Physicians and the American Pain Society. Ann Intern Med. 2007;147(7):478-491.