Penanganan Rehabilitasi Kandung Kemih Neurogenik (Neurogenic Bladder)

wpid-wp-1445421196922.jpgKandung kemih neurogenik (Neurogenic Bladder)

Kandung kemih neurogenik berarti bahwa gangguan kandung kemih disebabkan oleh masalah pada otak atau saraf. Kandung kemih neurogenik menyebabkan orang kehilangan kontrol buang air kecil. Jenis masalah seseorang sudah tergantung dimana kerusakan di otak atau sistem syaraf.

Faktor Risiko:

• Stroke, cedera otak atau tulang belakang, atau penyakit pada otak atau sumsum tulang belakang seperti infeksi, kanker, dan multiple sclerosis semuanya dapat menyebabkan kandung kemih neurogenik.
  • Bisa juga disebabkan oleh penyakit lain yang menyebabkan kerusakan saraf, seperti diabetes.

• Gejala termasuk tidak bisa menghentikan aliran urin, merasakan dorongan atau tegang untuk buang air kecil, atau tidak sepenuhnya mengosongkan kandung kemih. Mungkin juga ada riwayat infeksi saluran kemih (ISK).

Pemeriksaan Fisik

Dokter akan menguji sensasi dan refleks pada otot di sekitar perut bagian bawah dan panggul. Pengujian pemikiran dan ingatan juga bisa dilakukan.

• Tes darah dan urin dilakukan untuk mencari infeksi atau masalah pada ginjal. Pencitraan ultrasonografi kandung kemih dan ginjal juga bisa dilakukan.
  • Tes lainnya dapat digunakan untuk mempelajari tekanan pada saluran kencing dan aktivitas listrik pada otot dan saraf yang mengendalikan buang air kecil.

• Tujuan pengobatan adalah untuk mencegah infeksi saluran kemih atau masalah lainnya di saluran kemih dan mendapatkan kontrol yang lebih baik saat buang air kecil.
  • Antibiotik dan obat-obatan yang memperlambat aktivitas otot di sekitar kandung kemih bisa membantu.
  • Perubahan perilaku seperti pergi ke toilet pada jadwal reguler dan minum kurang pada waktu-waktu tertentu juga bisa membantu. Latihan dapat membantu memperkuat otot yang terlibat dalam buang air kecil. Terkadang operasi atau kateter dibutuhkan.
  • Dukungan keluarga dapat membantu pasien mematuhi rencana perawatan mereka.

SUMBER: American Academy of Physical Medicine and Rehabilitation