Terapi rehabilitasi Nyeri Poststroke Sentral

wp-1505626910473.Terapi Rehabilitasi Nyeri Poststroke Sentral

Central poststroke pain (CPSP) adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang mungkin terjadi setelah stroke di bagian tubuh yang sama terkena stroke. Sekitar 8% pasien stroke menjadi CPSP dalam minggu atau bulan setelah stroke. Biasanya muncul secara bertahap mulai di bulan pertama stroke, tapi kadang kala terjadi segera pasca stroke. Onset lebih dari 6 bulan setelah stroke jarang terjadi.

Faktor Risiko:

• Sedikit yang diketahui tentang mengapa beberapa pasien mengembangkan CPSP sementara yang lainnya tidak.

• wp-1506577604929..jpgCPSP biasanya digambarkan sebagai sensasi terbakar, atau kadang-kadang sakit atau nyeri tembak. Pasien mungkin memiliki peningkatan atau penurunan sensitivitas terhadap sentuhan dan suhu, terutama dingin.
  • Karena banyak kondisi menyakitkan lainnya dapat terjadi berdampingan pada pasien, langkah pertama dalam mendiagnosis CPSP adalah menyingkirkan semua kemungkinan penyebab nyeri lainnya. Tidak ada tanda fisik yang jelas yang menjadi ciri CPSP.
  • Tidak ada tes laboratorium yang tersedia untuk mendiagnosis CPSP secara akurat. Studi pencitraan dengan MRI atau CT dapat membantu menentukan dengan tepat area otak yang rusak yang merupakan sumber rasa sakit.

• Pengobatan biasanya melibatkan kombinasi obat-obatan dan terapi lain yang bertujuan mengurangi tapi tidak menghilangkan gejala, melestarikan fungsi, dan mencegah komplikasi lebih lanjut.
  • Memilih kombinasi obat yang optimal dan terapi lainnya untuk setiap pasien ditentukan melalui trial and error. Obat-obatan mungkin termasuk antidepresan, antikonvulsan, penghilang rasa sakit berbasis opioid dan anestesi.
  • Pengobatan lain mungkin termasuk teknik desensitisasi, relaksasi, biofeedback, atau salah satu dari sejumlah prosedur yang merangsang area otak dimana sinyal rasa sakit berasal. Rencana perawatan mungkin perlu dievaluasi ulang secara berkala dan disesuaikan.
  • Pendidikan dan keterlibatan keluarga dalam program rehabilitasi bisa sangat bermanfaat.

sumber: American Academy of Physical Medicine and Rehabilitation