Terapi Rehabilitasi Torticollis Atau Kontraksi Otot Leher Pada Dewasa

wp-1506575840869..jpgTerapi Rehabilitasi Torticollis Atau Kontraksi Otot Leher Pada Dewasa

Torticollis adalah posisi kepala yang tidak normal, yang disebabkan oleh kontraksi otot leher yang tidak disengaja dan berkelanjutan. Kondisinya bisa berkembang dengan perlahan atau segera, seperti karena kecelakaan atau luka traumatis. Hal ini juga dapat berkembang sebagai reaksi terhadap obat tertentu, karena adanya infeksi atau bisa terjadi pada keluarga.

Faktor Risiko:

• Seringkali terjadi pada penderita asma, batuk, pilek berulang atau penderita alergi lainnya
  • Hampir semua orang bisa mengalami torticollis, dan seringkali tidak ada penyebab yang bisa diidentifikasi.

• Gejala yang umum termasuk rasa sakit saat mencoba memegang kepala lurus atau memutarnya, juga otot leher yang lembut.
  • Banyak pasien juga mengalami sakit kepala. Beberapa bentuk torticollis dapat menyebabkan tersentaknya kepala dan kejang.
  • Pasien sering datang dengan memiringkan dagu ke satu sisi, otot leher bengkak dan satu bahu lebih tinggi dari yang lain. Seringkali hal ini cukup untuk menentukan pasien menderita torticollis.
  • Dokter dapat memeriksa fungsi syaraf dan motor untuk memastikan sumsum tulang belakang tidak mengalami cedera. Jika terjadi kecelakaan, dokter mungkin mengambil rontgen leher untuk memastikan tidak ada patah tulang atau dislokasi tulang.

• Komponen utama rehabilitasi adalah injeksi Botox, terapi fisik dan manajemen nyeri.
  • Terapi yang sering bisa membantu memasukkan panas, menggunakan pijat, kawat gigi kurung atau latihan peregangan.
  • Jika pasien menderita torticollis kronis, dokternya mungkin dapat merekomendasikan kelompok pendukung setempat. Selain itu, satu bentuk torticollis yang sangat menantang adalah torticollis spasmotik. National Spasmotic Torticollis Association menawarkan informasi dan sumber daya yang dapat membantu.

sumber: American Academy of Physical Medicine and Rehabilitation