Terapi rehabilitasi De Quervain Tenosinovitis

wp-1506576263122..jpgTerapi Rehabilitasi De Quervain Tenosinovitis

De Quervain Tenosynovitis adalah penyakit yang menyebabkan tendon di sekitar pangkal ibu jari menjadi jengkel dan nyeri. Kebanyakan ahli percaya De Quervain Tenosynovitis disebabkan oleh penggunaan berlebihan, walaupun penyebab pastinya tidak diketahui. Hal ini dapat berkembang setelah cedera jempol, gerakan berulang, rheumatoid arthritis dan kondisi inflamasi lainnya.

Faktor Risiko:

• De Quervain Tenosynovitis mempengaruhi lebih banyak wanita daripada pria, terutama wanita paruh baya dan wanita yang baru saja melahirkan. Pekerja yang harus secara paksa mencengkeram barang atau menggunakan jempol berulang juga berisiko lebih besar.
  • Selain itu, kegiatan santai tertentu dapat membuat orang menyukai olahraga seperti bermain golf, berkebun dan bermain olahraga raket.

• Nyeri biasanya terasa di sepanjang bagian belakang jempol, naik pergelangan tangan dan masuk ke lengan bawah. Hal itu bisa terjadi secara bertahap atau tiba-tiba, dan seringkali sulit atau menyakitkan untuk menggerakkan ibu jari.
  • Mencubit atau menggenggam item mungkin sulit, dan ibu jari mungkin bengkak atau sulit bergerak.
  • Dokter biasanya melakukan tes Finkelstein: pasien membuat kepalan tangan, dengan ibu jari beristirahat di telapak tangan.
  • Selanjutnya, dokter menekuk pergelangan tangan ke arah luar. Jika ada rasa sakit, biasanya menandakan De Quervain Tenosynovitis.
  • Uji Finkelstein sendiri seringkali diperlukan untuk mendiagnosis De Quervain Tenosynovitis.

• Injeksi kortikosteroid adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Contoh terapi lain termasuk icing area, memakai jempol atau memakai obat antiinflamasi nonsteroid topikal.
  • Pasien harus berhenti melakukan apapun yang bisa memperburuk kondisi.
  • Pasien dan keluarga harus menyadari bahwa meskipun hanya ibu jari yang terpengaruh, pasien mungkin masih memerlukan dukungan yang signifikan. Ini termasuk membantu tugas dasar seperti berpakaian, juga dorongan dan dukungan sosial.

sumber: American Academy of Physical Medicine and Rehabilitation