Terapi Rehabiltasi Osteoartritis Lutut

Osteoarthritis lutut (OA) adalah penyakit sendi lutut yang menyakitkan, dimana tulang dan bagian elastis dari sendi yang disebut tulang rawan mungkin rusak. OA mempengaruhi sekitar 16-20 juta orang Amerika. Di antara orang berusia di atas 65 tahun, lebih dari setengahnya memiliki OA. Wanita yang lebih tua dan wanita Afrika-Amerika lebih mungkin dibandingkan pria yang memiliki OA lutut.

Faktor Risiko:

• Orang yang kelebihan berat badan, atau pernah memiliki infeksi atau penyakit atau luka lain yang mempengaruhi sendi lutut berisiko meningkat terkena OA lutut.

• Nyeri lutut saat berjalan atau berlari merupakan gejala utama OA. Istirahat dapat meringankan rasa sakit, tapi seiring berjalannya waktu, rasa sakit bisa kembali lebih sering dan bertahan lebih lama. Lutut juga bisa menjadi kaku (terutama di pagi hari), bengkak, dan lemah.
  • Dokter Anda akan melihat apakah lutut Anda membengkak atau lembut, atau jika otot di sekitar lutut Anda tampak mengerut. Mungkin juga ada suara gerinda atau bunyi gemuruh saat Anda menekuk lutut.
  • Tes darah dan cairan di sekitar lutut bisa dilakukan untuk mencari tanda-tanda peradangan. Sinar-X digunakan untuk menunjukkan stadium penyakit. Tes pencitraan lainnya mungkin juga digunakan jika sinar-x tidak memberikan diagnosis yang jelas.

• Jika olahraga bisa ditoleransi, bisa membantu orang dengan OA tetap aktif, mempertahankan kekuatan, dan mengatasi rasa sakit.
  • Anda mungkin melihat spesialis rehabilitasi untuk menentukan jenis olahraga yang terbaik.
  • Kehilangan berat adalah bagian penting lainnya dalam mengelola OA. Obat sakit dapat membantu, namun perawatan harus dilakukan untuk mengamati efek samping seperti perdarahan di perut atau usus, atau reaksi alergi.
  • Program penurunan berat badan dan olahraga mungkin bermanfaat bagi pasien dan keluarga.