Komplikasi Cedera Otak Traumatis

Cedera otak traumatis juga dikenal sebagai cedera otak didapat, cedera kepala, atau cedera otak, menyebabkan kecacatan dan kematian yang substansial. Itu terjadi ketika trauma mendadak merusak otak dan mengganggu fungsi normal otak. TBI mungkin memiliki efek fisik, psikologis, kognitif, emosional, dan sosial yang mendalam.

Traumatic Brain Injury (TBI) adalah gangguan pada fungsi normal otak yang dapat disebabkan oleh pukulan, benturan atau sentakan pada kepala, kepala yang tiba-tiba dan keras mengenai suatu benda atau saat suatu benda menembus tengkorak dan masuk ke jaringan otak.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, ada sekitar 2,8 juta kunjungan ke gawat darurat terkait TBI, rawat inap, dan kematian di Amerika Serikat pada tahun 2013.

Tanda klinis berikut merupakan perubahan fungsi otak yang normal:

• Kehilangan atau penurunan kesadaran
  • Kehilangan ingatan untuk kejadian sebelum atau sesudah kejadian (amnesia)
  • Defisit neurologis fokal seperti kelemahan otot, kehilangan penglihatan, perubahan bicara
  • Perubahan kondisi mental seperti disorientasi, lambat berpikir atau sulit berkonsentrasi
  • Gejala TBI bisa ringan, sedang, atau parah, tergantung pada tingkat kerusakan otak. Kasus ringan dapat menyebabkan perubahan singkat pada kondisi mental atau kesadaran. Kasus yang parah dapat mengakibatkan ketidaksadaran, koma, atau bahkan kematian dalam waktu lama.

Komplikasi

Encephalopathy Traumatic Kronis (CTE)

• Orang dengan riwayat trauma otak berulang, termasuk petinju dan pemain sepak bola, berisiko mengalami ensefalopati traumatis kronis (CTE), penyakit degeneratif progresif. Perubahan degeneratif, yang dapat dimulai berbulan-bulan hingga beberapa dekade setelah trauma otak terakhir pasien, termasuk atrofi belahan otak, lobus temporalis medial, talamus, badan mammillary, dan batang otak. Kondisi ini juga ditandai dengan dilatasi ventrikel dan fenestrasi cavum septum pellucidum, serta akumulasi tau terfosforilasi di otak, dengan endapan protein ditemukan di sulci dan di area perivaskular korteks serebral. Gejala CTE termasuk kehilangan ingatan, kebingungan, gangguan penilaian, berkurangnya kendali impuls, agresi, ledakan kemarahan, depresi, dan demensia progresif.
  • Menurut laporan dari Departemen Urusan Veteran AS dan Universitas Boston, 87 dari 91 almarhum mantan pemain National Football League (NFL) (96%) yang menyumbangkan otak mereka untuk penelitian ditemukan memiliki perubahan yang sesuai dengan CTE. Temuan ini perlu disesuaikan dengan fakta bahwa para donor, sebelum meninggal, menyatakan keprihatinan bahwa mereka mungkin mengidap CTE dan karenanya mungkin memiliki proporsi penyakit yang lebih tinggi daripada populasi keseluruhan mantan pemain NFL. Selain itu, orang-orang ini belum tentu memiliki gejala klinis CTE, tetapi merasa mungkin berisiko.
  • Sebuah studi oleh Mez et al mendiagnosis CTE di 177 (78%) dari 202 sampel dari pemain sepak bola Amerika yang meninggal. Sampel termasuk 111 mantan pemain NFL yang 110 (99%) didiagnosis dengan CTE. Studi tersebut juga menemukan bahwa di antara 26 peserta yang didiagnosis dengan CTE ringan, 96% memiliki gejala perilaku atau suasana hati atau keduanya, 85% memiliki gejala kognitif, dan 33% memiliki tanda-tanda demensia. Dari 84 peserta yang didiagnosis dengan CTE parah, 89% memiliki gejala perilaku atau suasana hati, 95% memiliki gejala kognitif, dan 85% memiliki tanda demensia.
See also  Terapi Rehabilitasi Cedera Otak Traumatis