Latihan Dan Terapi Fisik Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson dikenal sebagai salah satu gangguan neurologis yang paling umum, mempengaruhi sekitar 1% orang yang berusia lebih dari 60 tahun. Ada 2 temuan neuropatologi utama: hilangnya neuron dopaminergik berpigmen di substansia nigra pars compacta (SNpc) dan adanya Badan Lewy. Sebagian besar kasus penyakit Parkinson (penyakit Parkinson idiopatik [IPD]) dihipotesiskan disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Namun, belum ada penyebab lingkungan dari penyakit Parkinson yang terbukti. penyebab genetik yang diketahui dapat diidentifikasi pada sekitar 10% kasus, dan ini lebih sering terjadi pada pasien dengan onset yang lebih muda.

Perbandingan kasar tampilan substansia nigra antara otak normal dan otak yang terkena penyakit Parkinson. Perhatikan substansia nigra yang berpigmen baik pada spesimen otak normal di sebelah kiri. Di otak pasien penyakit Parkinson di sebelah kanan, kehilangan substansia nigra berpigmen karena depopulasi neuron berpigmen telah banyak diamati oleh para peneliti.

Gambaran motorik klasik penyakit Parkinson biasanya dimulai secara diam-diam dan muncul perlahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, dengan tremor menjadi gejala awal yang paling umum. Tiga tanda utama penyakit Parkinson adalah tremor saat istirahat, rigiditas, dan bradikinesia. Ketidakstabilan postural (gangguan keseimbangan) adalah Kadang-kadang didaftarkan sebagai ciri kardinal keempat. Namun, gangguan keseimbangan pada penyakit Parkinson adalah fenomena yang terlambat, dan pada kenyataannya, gangguan keseimbangan yang mencolok dalam beberapa tahun pertama menunjukkan bahwa penyakit Parkinson bukanlah diagnosis yang tepat.

Ketika pasien datang dengan tremor, dokter mengevaluasi riwayat pasien dan temuan pemeriksaan fisik untuk membedakan tremor penyakit Parkinson dari jenis tremor lainnya. Pada pasien dengan parkinsonisme, perhatian yang cermat terhadap riwayat diperlukan untuk menyingkirkan penyebab seperti obat-obatan, racun, atau trauma. (Lihat Diagnosis Banding.) Penyebab umum tremor lainnya termasuk tremor esensial, tremor fisiologis, dan tremor distonik.

Tidak ada studi laboratorium atau pencitraan yang diperlukan pada pasien dengan presentasi khas penyakit Parkinson. Pasien tersebut berusia 55 tahun atau lebih dan memiliki parkinsonisme progresif lambat dan asimetris dengan tremor saat istirahat dan bradikinesia atau rigiditas. Tidak ada tanda bahaya seperti autonom yang menonjol. disfungsi, gangguan keseimbangan, demensia, atau kelainan gerakan mata. Dalam kasus seperti itu, diagnosis pada akhirnya dianggap pasti setelah pasien menjalani terapi dopaminergik (levodopa atau agonis dopamin) yang diperlukan untuk mengontrol gejala motorik dan menunjukkan manfaat yang kuat dan berkelanjutan

Studi pencitraan dapat dipertimbangkan, tergantung pada diagnosis bandingnya. Pencitraan resonansi magnetik (MRI) otak dapat dipertimbangkan untuk mengevaluasi kemungkinan penyakit serebrovaskular (termasuk keadaan multi-infark), lesi yang menempati ruang, hidrosefalus tekanan normal, dan gangguan lainnya.

See also  Terapi Rehabilitasi Neuropati Monomelik Iskemik

TANDA DAN GEJALA

Onset tanda motorik pada penyakit Parkinson biasanya asimetris, dengan temuan awal yang paling umum adalah tremor istirahat asimetris pada ekstremitas atas. Seiring waktu, pasien melihat gejala yang berhubungan dengan bradikinesia progresif, kaku, dan kesulitan berjalan. Lengan pertama yang terkena mungkin tidak terayun sepenuhnya saat berjalan, dan kaki di sisi yang sama bisa mengikis lantai. Seiring waktu, postur aksial menjadi semakin tertekuk dan langkah menjadi lebih pendek.

Beberapa gejala nonmotorik biasanya mendahului tanda motorik pada penyakit Parkinson. Sebagian besar pasien penyakit Parkinson mengalami penurunan fungsi penciuman (penciuman) yang substansial pada saat tanda-tanda motorik muncul. Namun, hal ini tidak disadari oleh pasien atau pasien mungkin tidak menyadari bahwa itu adalah bagian dari penyakit. Gejala premotor umum lainnya adalah gangguan perilaku gerakan mata cepat (REM) (rapid eye movement disorder / RBD). Dalam kondisi ini, individu menunjukkan gerakan selama tidur REM yang sering digambarkan sebagai gerakan memukul atau menendang. Ada juga sejumlah faktor risiko paruh baya untuk perkembangan penyakit Parkinson di kemudian hari. Ini termasuk sembelit dan kantuk berlebihan di siang hari, meskipun jauh dari spesifik untuk penyakit Parkinson.

Latihan dan Terapi Fisik

• Terapi latihan pada pasien dengan penyakit Parkinson menggunakan berbagai intervensi fisioterapi dapat berperan dalam meningkatkan gaya berjalan, keseimbangan dan fleksibilitas, kapasitas aerobik, inisiasi gerakan, dan kemandirian fungsional. Studi umumnya telah menyarankan perbaikan dalam hasil fungsional, tetapi manfaat yang diamati kecil besarnya dan tidak dipertahankan setelah penghentian latihan. [83]
  • Sebuah tinjauan sistematis dari 33 percobaan acak yang melibatkan 1518 pasien mengevaluasi berbagai intervensi fisioterapi, termasuk fisioterapi umum, olahraga, pelatihan treadmill, isyarat, tarian, dan seni bela diri. Ada peningkatan signifikan untuk kecepatan berjalan, ketahanan berjalan dan panjang langkah, mobilitas (tes Timed Up & Go), dan keseimbangan. Skor Skala Peringkat Penyakit Parkinson (UPDRS) juga ditingkatkan dengan fisioterapi. Tidak ada manfaat yang diamati untuk jatuh atau kualitas hidup pasien, dan tidak ada bukti bahwa satu jenis fisioterapi lebih unggul dari yang lain.
  • Ada kebangkitan minat dalam potensi manfaat olahraga pada penyakit Parkinson, termasuk kemungkinan efek pelindung saraf.  Olahraga berat di usia paruh baya dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Parkinson berikutnya. Pada model hewan, olahraga berat memberikan efek perlindungan terhadap berbagai racun penyebab parkinsonisme. Selain itu, pada orang sehat, faktor neurotropik yang diturunkan dari otak serum (BDNF) meningkat setelah olahraga, sebanding dengan intensitas aktivitas. Pada penyakit Parkinson, kadar BDNF di substansia nigra berkurang, dan pada hewan model penyakit Parkinson, BDNF memberikan efek pelindung saraf. Ini adalah bidang penelitian aktif.
See also  Waspadai Penyebab dan Faktor Resiko Cerebral Palsy Pada Anak

See also  Terapi Rehabilitasi Bicara Penyakit Parkinson