Terapi Rehabilitasi Bicara Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson dikenal sebagai salah satu gangguan neurologis yang paling umum, mempengaruhi sekitar 1% orang yang berusia lebih dari 60 tahun. Ada 2 temuan neuropatologi utama: hilangnya neuron dopaminergik berpigmen di substansia nigra pars compacta (SNpc) dan adanya Badan Lewy. Sebagian besar kasus penyakit Parkinson (penyakit Parkinson idiopatik [IPD]) dihipotesiskan disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Namun, belum ada penyebab lingkungan dari penyakit Parkinson yang terbukti. penyebab genetik yang diketahui dapat diidentifikasi pada sekitar 10% kasus, dan ini lebih sering terjadi pada pasien dengan onset yang lebih muda.

Perbandingan kasar tampilan substansia nigra antara otak normal dan otak yang terkena penyakit Parkinson. Perhatikan substansia nigra yang berpigmen baik pada spesimen otak normal di sebelah kiri. Di otak pasien penyakit Parkinson di sebelah kanan, kehilangan substansia nigra berpigmen karena depopulasi neuron berpigmen telah banyak diamati oleh para peneliti.

Gambaran motorik klasik penyakit Parkinson biasanya dimulai secara diam-diam dan muncul perlahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, dengan tremor menjadi gejala awal yang paling umum. Tiga tanda utama penyakit Parkinson adalah tremor saat istirahat, rigiditas, dan bradikinesia. Ketidakstabilan postural (gangguan keseimbangan) adalah Kadang-kadang didaftarkan sebagai ciri kardinal keempat. Namun, gangguan keseimbangan pada penyakit Parkinson adalah fenomena yang terlambat, dan pada kenyataannya, gangguan keseimbangan yang mencolok dalam beberapa tahun pertama menunjukkan bahwa penyakit Parkinson bukanlah diagnosis yang tepat.

Ketika pasien datang dengan tremor, dokter mengevaluasi riwayat pasien dan temuan pemeriksaan fisik untuk membedakan tremor penyakit Parkinson dari jenis tremor lainnya. Pada pasien dengan parkinsonisme, perhatian yang cermat terhadap riwayat diperlukan untuk menyingkirkan penyebab seperti obat-obatan, racun, atau trauma. (Lihat Diagnosis Banding.) Penyebab umum tremor lainnya termasuk tremor esensial, tremor fisiologis, dan tremor distonik.

Tidak ada studi laboratorium atau pencitraan yang diperlukan pada pasien dengan presentasi khas penyakit Parkinson. Pasien tersebut berusia 55 tahun atau lebih dan memiliki parkinsonisme progresif lambat dan asimetris dengan tremor saat istirahat dan bradikinesia atau rigiditas. Tidak ada tanda bahaya seperti autonom yang menonjol. disfungsi, gangguan keseimbangan, demensia, atau kelainan gerakan mata. Dalam kasus seperti itu, diagnosis pada akhirnya dianggap pasti setelah pasien menjalani terapi dopaminergik (levodopa atau agonis dopamin) yang diperlukan untuk mengontrol gejala motorik dan menunjukkan manfaat yang kuat dan berkelanjutan

Studi pencitraan dapat dipertimbangkan, tergantung pada diagnosis bandingnya. Pencitraan resonansi magnetik (MRI) otak dapat dipertimbangkan untuk mengevaluasi kemungkinan penyakit serebrovaskular (termasuk keadaan multi-infark), lesi yang menempati ruang, hidrosefalus tekanan normal, dan gangguan lainnya.

See also  Penyebab Disfagia atau Gangguan Menelan Pada Anak

TANDA DAN GEJALA

Onset tanda motorik pada penyakit Parkinson biasanya asimetris, dengan temuan awal yang paling umum adalah tremor istirahat asimetris pada ekstremitas atas. Seiring waktu, pasien melihat gejala yang berhubungan dengan bradikinesia progresif, kaku, dan kesulitan berjalan. Lengan pertama yang terkena mungkin tidak terayun sepenuhnya saat berjalan, dan kaki di sisi yang sama bisa mengikis lantai. Seiring waktu, postur aksial menjadi semakin tertekuk dan langkah menjadi lebih pendek.

Beberapa gejala nonmotorik biasanya mendahului tanda motorik pada penyakit Parkinson. Sebagian besar pasien penyakit Parkinson mengalami penurunan fungsi penciuman (penciuman) yang substansial pada saat tanda-tanda motorik muncul. Namun, hal ini tidak disadari oleh pasien atau pasien mungkin tidak menyadari bahwa itu adalah bagian dari penyakit. Gejala premotor umum lainnya adalah gangguan perilaku gerakan mata cepat (REM) (rapid eye movement disorder / RBD). Dalam kondisi ini, individu menunjukkan gerakan selama tidur REM yang sering digambarkan sebagai gerakan memukul atau menendang. Ada juga sejumlah faktor risiko paruh baya untuk perkembangan penyakit Parkinson di kemudian hari. Ini termasuk sembelit dan kantuk berlebihan di siang hari, meskipun jauh dari spesifik untuk penyakit Parkinson.

Terapi Bicara

• Manifestasi laring penyakit Parkinson seringkali menyebabkan penurunan partisipasi dalam aktivitas kehidupan sehari-hari karena ketidakmampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Selama perjalanan penyakit, 45-89% pasien melaporkan masalah bicara, dan lebih dari 30% menemukan masalah bicara sebagai bagian penyakit yang paling melemahkan.
  • Pengobatan dan pembedahan tidak dapat secara efektif mengobati manifestasi laring penyakit Parkinson. Untuk alasan ini, terapi wicara memainkan peran kunci dalam rejimen pengobatan vokal penyakit. Terapi wicara efektif dalam mengobati manifestasi laring penyakit Parkinson, tetapi meskipun jumlah pasien dengan gejala vokal yang signifikan, diperkirakan hanya 3-4% pasien dengan penyakit Parkinson menjalani terapi wicara.
  • Perawatan Suara Lee Silverman (LSVT) adalah program yang dirancang untuk meningkatkan intensitas vokal pada pasien dengan penyakit Parkinson. Perawatan berfokus pada serangkaian tugas sederhana yang dipraktikkan secara intensif, 4 sesi per minggu selama periode 4 minggu, menghasilkan maksimalisasi fungsi fonatori dan pernapasan. Tujuan LSVT adalah meningkatkan performa vokal selama 6-24 bulan tanpa intervensi interval. LSVT berfokus pada memaksimalkan upaya vokal (“berpikir keras, berpikir dengan teriakan”) dan memaksimalkan persepsi sensorik dari upaya vokal dan kenyaringan oleh terapis. Terapis yang mengukur hasil memberikan umpan balik yang konstan kepada pasien selama sesi dan mendorong pasien untuk memantau sendiri dan secara internal mengkalibrasi kenyaringan mereka. Setelah LSVT, pasien penyakit Parkinson berbicara dengan volume suara yang normal dan dengan kualitas suara yang sehat meskipun perlu “berpikir keras, berpikirlah berteriak.”
  • Dalam studi dengan 2 tahun tindak lanjut, pasien yang menerima LSVT mempertahankan atau meningkatkan intensitas vokal dibandingkan dengan tingkat sebelum pengobatan. Ketidakmampuan glotal dan kemampuan menelan keduanya membaik setelah LSVT, tanpa perubahan signifikan pada hiperfungsi supraglottal. Pemindaian tomografi emisi positron (PET) awal setelah pelatihan LSVT pada pasien dengan penyakit Parkinson menunjukkan aktivitas yang berkurang pada globus pallidus, efek yang mirip dengan pallidotomi. LSVT juga dapat merangsang koordinasi keluaran motorik di luar sistem fonatori dalam bentuk peningkatan ekspresi orofasial.
  • Terapi lain telah disarankan untuk pengobatan gejala vokal pada penyakit Parkinson, tetapi sebagian besar data sejauh ini mendukung LSVT sebagai terapi yang paling menjanjikan untuk gejala laring penyakit Parkinson. Metode alternatif pemberian terapi yang tidak melibatkan 16 sesi tatap muka dengan terapis saat ini sedang dipelajari. Metode ini menggabungkan pengiriman webcam LSVT (eLOUD) dan program perangkat lunak yang dapat dilakukan pasien di rumah. Metode yang ditingkatkan secara teknologi ini, ketika digunakan untuk menggantikan setengah dari sesi tatap muka, telah mendokumentasikan hasil yang setara dengan LSVT klasik. Harapannya adalah bahwa alternatif tersebut akan diterapkan untuk memungkinkan kursus terapi yang tidak terlalu intensif transportasi bagi pasien dan memungkinkan tinjauan lanjutan dari teknik LSVT sesuai kebutuhan.
  • Sebuah tinjauan sistematis dari uji klinis wicara dan terapi bahasa pada penyakit Parkinson mengidentifikasi 3 uji coba terkontrol secara acak yang melibatkan 61 pasien. Para penulis menyimpulkan bahwa meskipun perbaikan dicatat, mereka tidak dapat secara meyakinkan mengkonfirmasi atau menyangkal manfaat terapi wicara dan bahasa pada penyakit Parkinson karena jumlah kecil pasien dalam uji coba ini, keterbatasan metodologi, dan kemungkinan bias publikasi.
See also  Terapi Rehabilitasi Cedera Hamstring atau Hamstring Strain